Tips membangun Kelompok Kecil

Posted: 27 January 2011 by koremgii in GET! Article

Tips ini sebaiknya diterapkan dalam setiap Kelompok Kecil, Pembahasan Alkitab, maupun Care Group yang kalian adakan di lokasi.

  • Jumlah peserta kelompok kecil per kelompok terdiri dari 12 orang.
  • Diadakan seminggu sekali. Boleh mengambil waktu di luar hari minggu ataupun diadakan sebelum ibadah, akan lebih baik jika setelah kebaktian Remaja.
  • Lebih dahulu menentukan Ketua Kelompok dan Wakil Ketua.
  • Secara berkala Ketua Kelompok berkumpul untuk mempersiapkan bahan PA dan dibimbing oleh Hamba Tuhan.
  • Ketua Kelompok harus terlebih dahulu menggunakan hati untuk merefleksikan dan mencari jawaban yang tepat dari bahan PA, untuk dapat di-sharing-kan kepada Ketua Kelompok yang lain agar dapat saling melengkapi.
  • Bahan PA dibagi menjadi 2 bagian :

1.  Buku Pegangan Peserta

Setiap pelajaran berdasar pada perikop Alkitab dengan pertanyaan-pertanyaan yang akan didiskusikan bersama.

2.  Buku Pegangan Pemimpin

Mempersiapkan dengan baik jawaban dari setiap pertanyaan sebagai perbandingan.

  • Waktu untuk Kelompok Kecil sebaiknya ±75 menit.

Khusus untuk Ketua Kelompok Kecil, kuasailah nas Alkitab yang hendak dipelajari dengan membaca nas itu beberapa kali, lebih baik lagi jika membahasnya bersama Ketua Kelompok Kecil lainnya. Baca pula perikop sebelum dan sesudahnya untuk lebih memahami isinya, tanyakan pada diri sendiri “Mengapa bagian ini penting dan prinsip apa yang diajarkan?”. Tuliskan jawaban pribadi Anda atas pertanyaan-pertanyaan yang ada di bahan PA, gunakan catatan pemimpin sebagai bahan referensi tambahan.

Jika ada pertanyaan yang sulit dijawab, jangan takut untuk berkata kepada kelompok, “Saya kurang yakin tentang hal ini, sebaiknya kita masing-masing merenungkan jawabannya lalu kita bicarakan lagi dalam pertemuan berikutnya” atau tugaskan seorang anggota untuk mencari jawabannya. Jangan asal jawab! Terakhir, berdoalah agar Roh Kudus memberikan hikmat dan pikiran yang jernih untuk mengerti kebenaran firman Allah. Roh Kudus adalah sang Guru dan pemimpin adalah alatNya.

Tips untuk memimpin Kelompok Kecil :

  • Mulailah setiap pertemuan dengan doa permohonan akan pimpinan Roh Kudus.
  • Bacalah bagian yang dipelajari dengan bersuara, kemudian diskusikanlah bersama dengan menjawab pertanyaan-pertanyaan yang ada. Sebagai Ketua, Anda boleh mengarahkan diskusi, meluruskan dan mengembalikan pertanyaan kepada kelompok; bukan menjawab sendiri yah.. Pada akhir diskusi, akan sangat berguna bila hasil diskusi kelompok dapat diringkas, sehingga setiap anggota mempunyai gambaran yang jelas tentang apa yang dipelajarinya.
  • Batasilah diskusi pada topik pembahasan agar tujuan setiap pertemuan dapat tercapai.
  • Doronglah peran serta setiap anggota. Hindari dominasi seseorang yang cenderung terus bicara atau yang “tahu segalanya”.
  • Setelah bahan PA selesai dibahas boleh diadakan perlombaan pengetahuan akan Alkitab, sehingga anggota Kelompok Kecil bersemangan untuk mengikuti terus.
  • Untuk pertemuan kelompok kecil di rumah, boleh dimulai dengan menyanyi 1 atau 2 pujian dan diakhiri dengan persekutuan sambil menikmati makanan ringan (bila tersedia).
  • Dan janganlah berhenti berkreatifitas untuk terus mendorong semangat, partisipasi, dan kebersamaan dalam Kelompok Kecil!

Always give the best, Never give up in a test, And to God we leave the rest.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s